wa-icon
7 Fakta menarik Labuan Bajo, Sepetak Surga di Timur Indonesia !pendidikan

7 Fakta menarik Labuan Bajo, Sepetak Surga di Timur Indonesia !

Labuan Bajo lahir sebagai salah satu pesona Indonesia yang menjadi destinasi super prioritas dengan menawarkan beragam kekayaan serta keindahan alamnya yang sangat indah dan memukau.  Namun sebelum keluargaSIP ke pergi ke Labuan Bajo, kalian bisa cek dahulu beberapa fakta menarik dari Labuan Bajo yang akan membuat kalian ingin pergi kesana. Yuk, simak bersama pembahasan lebih lengkapnya dalam uraian berikut!

1. Menjadi Warisan UNESCO dan Keajaiban Dunia

Fakta menarik Labuan Bajo yang pertama adalah kawasan ini terkenal sebagai rumah dan habitat bagi hewan langka yang dilindungi secara nasional yaitu Komodo. Komodo sendiri merupakan hewan reptil terbesar di dunia yang memiliki habitat alami, di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Keberadaan dari Komodo saat ini sangat dilindungi oleh pemerintah Indonesia karena jumlahnya yang semakin sedikit.

Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia meresmikan Taman Nasional Komodo pada tahun 1980 untuk melindungi komodo dari perburuan dan kepunahan. Sebelas tahun berselang, tepatnya pada tahun 1991 lembaga UNESCO dan PBB telah menobatkan Taman Nasional Komodo yang terdapat di Labuan Bajo ini sebagai situs warisan dunia serta dijadikan sebagai salah satu tujuh keajaiban yang ada di dunia di Tahun 2021.

2. Surga Wisata Bawah Laut

Fakta menarik Labuan Bajo selanjutnya yang bisa KeluargaSIP ketahui adalah kawasan wisata ini terkenal sebagai surga kecil yang menawarkan keindahan alam bawah laut loh. Labuan Bajo memiliki banyak sekali keindahan alam bawah laut dengan beragamnya jenis ikan dan terumbu karang yang ada di kawasan ini. Sehingga, tak jarang wisatawan baik lokal maupun mancanegara selalu tertarik untuk melakukan snorkeling atau diving untuk menjelajahi pemandangan di bawah laut.

Disini, KeluargaSIP bisa bertemu dengan berbagai ikan-ikan kecil dan hewan laut yang unik seperti Barramundi, Jackfish, Snappe, dan ubur-ubur bertentakel biru yang khas. Gugusan terumbu karang yang terdapat perairan Labuan Bajo juga sebagian memiliki kontur karang yang landai dan tidak terlalu tajam sehingga menjadi spot yang cocok untuk melakukan snorkeling dan diving.

Salah satu titik snorkeling yang terkenal di Labuan Bajo ini adalah Pulau Sebayur. Titik snorkeling di Pulau Sebayur yang sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Castle Rock, Batu Bolong, dan Crystal Rock, karena memiliki keragaman aneka biota laut seperti ikan-ikan serta terumbu karang yang cantik dan arusnya yang tidak terlalu kencang sehingga aman untuk snorkling atau diving.

3. Memiliki Pulau Unik Berbentuk Angka 9

Labuan Bajo memiliki sebuah pulau unik berbentuk seperti angka sembilan bila dilihat dari udara, yang timbul dari adanya gundukan-gundukan pasir dan terumbu karang mati . Karena memiliki bentuk yang menyerupai angka 9, pulau tersebut sering dikenal dengan nama Pulau Sembilan Flores. Selain itu juga, di pulau ini terdapat sebuah danau yang menjadi habitat dari ubur-ubur bertentakel biru khas Labuan Bajo.

Bagi KeluargaSIP yang menyukai aktivitas air seperti snorkeling, pulau ini bisa menjadi salah satu rekomendasi spot snorkeling di Labuan Bajo yang bisa kamu kunjungi lho. Kalian bisa melihat pemandangan alam bawah laut dari beragamnya aneka biota laut dan lain sebagainya di pulau ini. Di pulau ini juga terdapat beberapa fasilitas penunjang kebutuhan dari para pengunjung yang datang. Pulau ini menyediakan fasilitas restoran dan rumah makan yang menawarkan menu makanan olahan hasil laut, serta hotel dan penginapan yang bisa KeluargaSIP datangi.

4. Terdapat Pantai Pink dan Danau Air Asin yang unik

Fakta menarik lainnya dari Labuan Bajo yang satu ini sangatlah indah dan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung. Labuan Bajo ternyata memiliki salah satu pantai tercantik di Indonesia, yang termasuk 1 dari 7 Pink Beach yang terdapat di seluruh dunia loh, pantai cantik itu adalah Pink Beach Bajo.

Warna pink yang terdapat di pantai tersebut berasal dari hewan berukuran mikroskopis bernama Foraminifera yang kemudian memberikan pigmen merah pada koral laut. Koral-koral tersebut, kemudian terbawa arus hingga ke pesisir pantai dan hancur menjadi serpihan-serpihan kecil. Dari serpihan koral tersebut kemudian bercampur dengan pasir kristal putih sehingga membentuk pasir di pinggir pantai menjadi pink dan sangat cantik.

Selain pantai pink yang cantik, Labuan Bajo juga memiliki tempat unik lainnya yang bisa KeluargaSIP kunjungi loh, tempat itu adalah Danau Air Asin Semparong. Danau ini merupakan danau air asin yang terletak di Desa Semparong, Nusa Tenggara Timur.

Daya tarik dari danau ini adalah air di permukaan danau yang berwarna hijau dan berkilau di siang hari, ditambah dengan latar belakang bukit-bukit hijau yang mengelilingi danau ini menjadi sebuah daya tarik pemandangan yang bisa KeluargaSIP dapatkan saat berkunjung ke Danau Semparong

5. Memiliki Kebudayaan yang sangat unik dan beragam

Kebudayaan merupakan salah satu aspek yang menjadi daya tarik bagi destinasi-destinasi wisata yang terdapat di Labuan Bajo. Selain memiliki pemandangan alamnya yang sangat indah, Labuan Bajo dinilai kaya akan kebudayaan yang memiliki potensi wisata untuk dijadikan sebagai daya tarik wisata agar menarik minat kunjungan para wisatawan ke Labuan Bajo.

Beragam macam kebudayaan seperti ritual upacara, festival tradisional, rumah adat, hasil kerajinan tangan dan lain sebagainya, menjadi sebuah keunikan tersendiri bagi Labuan Bajo yang pastinya dapat menarik perhatian dari para wisatawan yang datang. Di Labuan Bajo, festival tradisional menjadi suatu wadah bagi penduduk setempat untuk mempertahankan identitas budaya mereka. KeluargaSIP bisa melihat berbagai festival tradisional Labuan Bajo seperti festival manggarai, festival perahu bajo, tradisi rumosmoso, dan lain-lain.

Melalui festival tradisional, masyarakat Labuan Bajo dapat mempertahankan kebudayaan lokal untuk mewariskannya kepada generasi mendatang. Selain itu, adanya penyelenggara festival tersebut juga berkontribusi pada promosi pariwisata daerah, sehingga dapat membantu menggerakkan perekonomian lokal seperti peningkatan pada sektor hotel, restoran, dan industri kreatif lokal serta menciptakan lapangan kerja bagi penduduk setempat.

6. Kain Tenun Songke, Kain Tradisional Labuan Bajo

Fakta menarik berikutnya yang terdapat di Labuan Bajo adalah Kain Songke sebagai kain tradisional khas Labuan Bajo. Setiap daerah di Indonesia pastinya memiliki kain tradisional yang dapat digunakan sebagai pakaian, keperluan tradisi adat atau menjadi simbol atribut daerah. Labuan Bajo sendiri memiliki atribut daerah yang sudah sangat terkenal dan menjadi salah satu warisan budaya Indonesia, yaitu Kain Tenun Songke.

Kain Songke merupakan kain khas kabupaten Manggarai, NTT berupa tenun ikat yang memiliki warna dasar hitam dengan berbagai jenis motif tertentu. Setiap motif yang terdapat pada Kain Tenun Songke ini memiliki makna yang berbeda-beda. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, motif-motif tersebut terinspirasi dari asal usul langit, bumi, dan alam semesta, dimana motif ini menjadi simbol hubungan antara manusia dengan tuhan atau manusia dengan alam sekitar.

Selain digunakan untuk kebutuhan pakaian pribadi, kain tenun songke juga dimanfaatkan untuk kepentingan ekonomi oleh masyarakat manggarai. Adanya industri pembuatan kain songke di Labuan Bajo telah membawa dampak positif dengan terbukanya lapangan pekerjaan dan mata pencaharian, sehingga menjadi pertumbuhan ekonomi yang signifikan bagi kesejahteraan masyarakat manggarai.

7. Desa Wae Rebo Sebagai Salah satu Warisan Dunia UNESCO

Wae Rebo merupakan desa kecil yang berada di Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur yang saat ini menjadi desa wisata yang cukup terkenal di Labuan Bajo, karena menjadi salah satu tujuan wisata populer bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Di desa ini, KeluargaSIP nantinya akan disuguhi oleh panorama pemandangan barisan gunung serta hutan todo yang hijau dan rindang.

Salah satu hal yang unik dan menjadi ciri khas dari Desa Wae Rebo ini adalah rumah adat Mbaru Niang. Mbaru Niang merupakan rumah adat yang berbentuk seperti kerucut, yang terbuat dari kayu dengan atap ilalang yang dianyam dari atap hingga ke tanah. Di Desa Wae Rebo sendiri, setidaknya terdapat 7 rumah adat yang berkumpul di sebuah lahan yang sangat luas dan telah  dihuni oleh 19 generasi. Berkat adanya keunikan yang terdapat di Desa Wae Rebo tersebut, membuat desa ini menjadi salah satu Warisan dunia UNESCO sejak tahun 2012.

Demikian pembahasan seputar fakta menarik tentang wisata Labuan Bajo yang mampu memikat hati para wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan keindahan alam serta kebudayaan yang unik dan beragam, diharapkan selalu menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk mengeksplorasi berbagai destinasi wisata yang terdapat di Labuan Bajo.

Bagaimana, apakah KeluargaSIP tertarik berlibur ke Labuan Bajo? Jika iya, kamu dapat menggunakan jasa Sip Travel untuk mewujudkan rencana perjalanan impian kamu lho!

Kami hadir sebagai platform online ticketing terpercaya yang melayani dan mengurus dokumen perjalanan, akomodasi hotel, dan tiket transportasi dari KeluargaSIP. Untuk promo dan update terbaru lainnya, kalian bisa cek di Instagram resmi kami @siptravel.id.

More info dan reservation

Phone/Whatsapp : +62 811-9955-277

Website : www.siptravel.id 

Article Terbaru

5 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Liburan ke Bali
5 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Liburan ke Bali

09 Okt 2024

5 Kuliner Khas Bali yang Lezat & Wajib Dicoba
5 Kuliner Khas Bali yang Lezat & Wajib Dicoba

07 Okt 2024

Rekomendasi 5 Hotel Bali yang Terbaik dan Menarik Dikunjungi
Rekomendasi 5 Hotel Bali yang Terbaik dan Menarik Dikunjungi

07 Okt 2024

Rekomendasi 5 Pantai di Bali yang Menarik Dikunjungi
Rekomendasi 5 Pantai di Bali yang Menarik Dikunjungi

03 Okt 2024

Jelajahi 7 Destinasi Wisata di Bali yang Menarik Dikunjungi
Jelajahi 7 Destinasi Wisata di Bali yang Menarik Dikunjungi

03 Okt 2024

siplawfirm
SIP Travel dengan legalitas PT Salsabila Indonusa Palapa telah melayani klien hingga 10 tahun sejak tahun 2013. Dengan pengalaman sebagai penyedia jasa wisata dengan klien dari berbagai perusahaan swasta maupun pemerintah SIP Travel terus mengembangkan produk dan layanannya. Pada akhir tahun 2022, SIP Travel membuat kampanye #SemuaIkutPergi.