wa-icon
Berikut 6 Fakta Menarik Kereta Api yang wajib kamu Ketahui !Transportasi

Berikut 6 Fakta Menarik Kereta Api yang wajib kamu Ketahui !

Kereta api adalah sarana transportasi umum berupa kendaraan yang menggunakan tenaga gerak baik uap, listrik maupun diesel yang dapat berjalan sendiri atau dirangkaikan pada kendaraan lainnya dan bergerak pada sebuah jalur rel. Di Indonesia sendiri, umumnya transportasi kereta api digunakan sebagai moda kendaraan untuk memudahkan mobilitas masyarakat seperti pergi bekerja, sekolah atau berlibur.

Nah sebelum KeluargaSIP naik kereta, kalian bisa simak dulu beberapa fakta menarik kereta api yang bisa kamu ketahui dibawah ini!

1. Sejarah dan Perkembangan Kereta api tenaga uap Pertama di Dunia

Kereta api tenaga uap pertama kali diciptakan pada tahun 1804 oleh Richards Trevithick seorang insinyur pertambangan asal Cornwall, Inggris. Richard berhasil menemukan mesin yang memanfaatkan uap bertekanan tinggi dan mengembangkannya menjadi alat transportasi dengan sistem lokomotif uap. Penemuan dari Richard Trevitchik sendiri merupakan pengembangkan dari hasil percobaan beberapa insinyur lainnya seperti Jamet Watt dan Thomas Newcomen

James Watt merupakan insinyur asal Skotlandia yang berhasil menyempurnakan mesin uap buatan Thomas Newcomen. Mesin uap yang diciptakan James Watt, diketahui mampu menggerakkan roda kereta, karena mesin uap tersebut bekerja dengan cara bolak-balik yang dikembangkan sekitar tahun 1769. Mesin yang diciptakan James Watt ini, awalnya digunakan pada pabrik kapas, kemudian James Watt menyempurnakannya dan menggunakan teknologi ini pada mesin yang lebih kecil untuk digunakan pada kereta.

Penemuan dari James Watt tersebut, kemudian menjadi dasar pembuatan lokomotif yang digunakan Richard untuk membuat kereta. Lokomotif yang diciptakan Richard merupakan rangkaian yang menggunakan uap dari pembakaran kayu bakar atau batu bara yang dijadikan sebagai tenaga penggerak untuk menggerakkan dan mendorong kereta api agar berjalan. Pada 21 Februari 1804, Richard mencoba hasil temuannya tersebut dan menjadi perjalanan kereta uap pertama yang dilakukan di jalur trem milik pabrik besi Penydarren

2. Rel sudah dibangun lebih dulu, sebelum adanya kereta api

Fakta menarik kereta api berikutnya yang mungkin belum KeluargaSIP ketahui adalah rel kereta sudah dibangun lebih dahulu sebelum adanya kereta lokomotif loh. Menurut sejarahnya, sekitar tahun 1550-an jauh sebelum lokomotif kereta tenaga uap diciptakan, ternyata rel atau jalur kereta sudah diciptakan terlebih dahulu untuk kebutuhan industri pertambangan lho.

Penggunaan rel sebagai jalur lintasan kereta, dinilai memudahkan para pekerja tambang untuk membawa atau menarik gerobak hasil tambangnya seperti batu bara dan lainnya dengan menggunakan kereta kecil yang berjalan diatas jalur rel. Awalnya jalur rel yang digunakan pada industri tambang tersebut menggunakan bahan kayu, tetapi sekitar tahun 1760-an jalur rel tersebut dikembangkan menjadi rel logam dengan memasangkan besi-besi cor di atas lintasan rel kayu.

Setelah lokomotif kereta uap telah banyak digunakan di beberapa negara, pemasangan rel yang terbuat dari besi logam ini mulai dilakukan untuk menggantikan rel dari kayu. Tujuannya adalah karena pemilihan material besi logam memiliki beberapa kelebihan seperti kekuatannya yang lebih tahan lama terhadap kondisi cuaca dibandingkan dengan rel kayu.

3. Kereta Api Memiliki Julukan Si “Ular Besi”

Fakta menarik Kereta Api lainnya yang mungkin bisa KeluargaSIP ketahui adalah kereta api memiliki julukan yang dikenal sebagai “Ular Besi”. Jika KeluargaSIP sering naik kereta , pasti sudah tidak asing lagi kalau moda transportasi satu ini seringkali disebut oleh sebagian orang sebagai “Ular Besi”.

Pemberian julukan tersebut mungkin bukan tanpa alasan, julukan tersebut diberikan karena mungkin terinspirasi dari bentuk struktur kereta api yang berbentuk seperti ular. Bentuk dari kereta api sendiri, jika dilihat secara sekilas memang memanjang seperti tubuh dari ular. Gerbong – gerbong yang terdapat pada rangkaian kereta, saling terhubung satu sama lain. Dan jika KeluargaSIP melihat rangkaian kereta yang melewati jalur perbukitan atau pegunungan yang berkelok-kelok. KeluargaSIP bisa melihat gerbong-gerbong kereta tersebut akan meliuk-liuk seperti tubuh ular. Maka dari itu, bentuk dari rangkaian kereta yang memanjang seperti ular bisa tersebut menjadi salah satu alasan mengapa kereta api memiliki julukan “Ular Besi”.

4. Pembangunan Rel Kereta Api Pertama di Indonesia

Sejarah perkeretaapian di Indonesia dimulai ketika adanya proses pembangunan jalur rel kereta api pertama dengan relasi perjalanan yang menghubungkan Semarang menuju Solo atau Yogyakarta. Pembangunan rel kereta api tersebut, dibangun di Desa Kemijen, Semarang Timur oleh Jendral Hindia Belanda Mr. L.AJ Baron Sloet Van de Beele pada tanggal 17 Juni 1864.

Pembangunan jalur rel kereta ini membentang sepanjang 26 kilometer dari Desa Kemijen hingga Desa Tanggungharjo dan terbagi dalam tiga tahapan pembangunan. Pembangunan tahap pertama adalah pembangunan jalur dari Semarang hingga ke Tanggung, Grobogan, Jawa Tengah. Setelah masa pembangunan selama 3 tahun, jalur kereta Semarang-Tanggung mulai beroperasi untuk umum pada 10 Agustus 1867.

Selain di Pulau Jawa, pembangunan jalur kereta api juga telah dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia. Pembangunan jalur kereta api pertama di Pulau Sumatera, di bangun di daerah Aceh pada tahun 1876, kemudian dilanjutkan menuju Sumatera Utara sekitar tahun 1889. Pada tahun 1891, juga di bangun jalur kereta api di Sumatera Barat dan pada 1914 di Sumatera Selatan. Hingga saat ini, pembangunan jalur rel kereta di Indonesia masih dikembangkan. Berdasarkan data di Tahun 2023, panjang rel kereta api di Indonesia saat ini adalah 6.879 kilometer.

5. Terowongan Sasaksaat merupakan terowongan kereta api tertua di Indonesia

Terowongan Sasaksaat merupakan salah satu terowongan terpanjang dan tertua kereta api Indonesia yang masih aktif digunakan sebagai lintasan kereta hingga saat ini loh. Jika KeluargaSIP menaiki kereta api indonesia relasi perjalanan Jakarta-bandung ataupun sebaliknya, kalian akan melewati terowongan sepanjang 949 meter yang terletak di Desa Sumurbandung, Kecamatan Cipatat, Bandung Barat ini.

Terowongan Sasaksaat dibangun pada tahun 1902 oleh perusahaan kereta api Staatsspoorwegen yang membelah perbukitan Cidepong dan letaknya berada di antara Stasiun Maswati dan Stasiun Sasaksaat. Usia terowongan ini sudah lebih dari 100 tahun, sehingga menjadi salah satu terowongan peninggalan masa kolonial yang masih aktif hingga saat ini.

Dalam pembangunan terowongan ini, terdapat cerita mistis yang berkembang di kalangan masyarakat, dimana gunung yang menjadi lokasi terowongan sasaksaat ini dipercaya masih dikuasai oleh mahluk tak kasat mata. Sehingga sebelum pembangunan dimulai diadakan upacara sesajen yang bertujuan untuk meminta keselamatan para pekerja selama proses pembangunan.

Terlepas dari adanya cerita mistis yang dimiliki Terowongan Sasaksaat, nyatanya terowongan ini menjadi salah satu pembangunan kereta api yang sangat penting bagi perkeretaapian Indonesia. Sampai saat ini, Terowongan Sasaksaat ini masih digunakan sebagai lintasan kereta rute Jakarta – Bandung.

6. Jembatan Cikubang, Jembatan Kereta Api Terpanjang Di Indonesia

Jika KeluargaSIP pergi ke Bandung menggunakan kereta jarak jauh relasi Bandung-Jakarta, di dalam perjalanannya kalian, pasti akan melintasi salah satu jembatan kereta yang sudah sangat terkenal di Indonesia yaitu Jembatan Cikubang. Jembatan Cikubang merupakan salah satu jembatan kereta api terpanjang di Indonesia yang memiliki panjang lintasan sepanjang 300 meter dan dibangun pada ketinggian 80 meter diatas Sungai Cikubang, Bandung Barat.

Sejarahnya dibangunnya jembatan ini adalah dua tahun sejak diresmikannya jalur kereta api Karawang - Purwakarta pada tahun 1902, Perusahaan kereta Staatsspoorwegen, melanjutkan pembangunan jalur kereta tersebut dari Purwakarta menuju Padalarang. Pembangunan jalur tersebut dibangun sepanjang 56 kilometer yang melewati lereng-lereng gunung. Untuk menghubungkan beberapa jalur kereta api, maka dibangunlah beberapa jembatan penghubung, salah satunya adalah Jembatan Cikubang ini.

Meskipun usianya sudah lebih dari 100 tahun, konstruksi dari jembatan ini masih sangat kokoh dan kuat. Adanya struktur empat pilar baja dan penambahan struktur lengkungan besi-besi logam yang didatangkan dari eropa, membuat jembatan ini masih bertahan dan menjadi jembatan kereta aktif terpanjang di Pulau Jawa hingga saat ini.***

Bagaimana, apakah KeluargaSIP tertarik berlibur menggunakan kereta api? Jika iya, kamu dapat menggunakan jasa Sip Travel untuk mewujudkan rencana perjalanan impian kamu lho!

Kami hadir sebagai platform online ticketing terpercaya yang melayani dan mengurus dokumen perjalanan, akomodasi hotel, dan tiket transportasi para klien. Untuk promo dan update terbaru lainnya, kalian bisa cek di Instagram resmi kami @siptravel.id. 

More info dan reservation

Phone/Whatsapp : +62 811-9955-277

Website : www.siptravel.id
 

Article Terbaru

Eksplorasi 7 Kota di Italia yang Menjadi Favorit Wisatawan
Eksplorasi 7 Kota di Italia yang Menjadi Favorit Wisatawan

25 Feb 2025

Rekomendasi Destinasi Populer di Asia Tenggara yang Menarik Dikunjungi
Rekomendasi Destinasi Populer di Asia Tenggara yang Menarik Dikunjungi

23 Jan 2025

Punya Rencana Company Gathering? Ketahui Dahulu 5 Hal Penting Ini
Punya Rencana Company Gathering? Ketahui Dahulu 5 Hal Penting Ini

15 Jan 2025

Liburan Ke Labuan Bajo? Jangan Lupa Beli Oleh-oleh khas Berikut Ini
Liburan Ke Labuan Bajo? Jangan Lupa Beli Oleh-oleh khas Berikut Ini

10 Jan 2025

Explore Pulau Terbaik di Labuan Bajo, Mana yang Wajib Dikunjungi ?
Explore Pulau Terbaik di Labuan Bajo, Mana yang Wajib Dikunjungi ?

09 Jan 2025

siplawfirm
SIP Travel dengan legalitas PT Salsabila Indonusa Palapa telah melayani klien hingga 10 tahun sejak tahun 2013. Dengan pengalaman sebagai penyedia jasa wisata dengan klien dari berbagai perusahaan swasta maupun pemerintah SIP Travel terus mengembangkan produk dan layanannya. Pada akhir tahun 2022, SIP Travel membuat kampanye #SemuaIkutPergi.
© Copyright SIP Travel